Blogger Widgets
Wednesday, March 27, 2013

10:58 PM
1
Grafik adalah Table yang berupa angka angka dapat disajikan / ditampilkan ke dalam bentuk gambar secara visual agar informasi yang terkandung mudah dipahami oleh pembaca . Dalam membuat grafik tidak hanya dapat dilakukan di microsoft word tapi juga bisa dibuat di microsoft excel . Membuat grafik di excel lebih mudah dan juga lebih bervariasi jenisnya .  oleh karenanya berikut langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel :
1. sebelum membuat grafik siapkan data terlebih dahulu yang akan dibuat menjadi grafik . data dibuat dalam bentuk tabel .

2. setelah data disajikan dalam bentuk tabel , sorot tabel dan blok tabel , namun tanpa menblok judulnya .
3. kemudian pilih dan klik tab insert – insert chart -  dan pilih salah satu bentuk grafik yang anda inginkan . misalnya grafik dalam bentuk column .

4. misalkan memilih bentuk grafik clustered cylinder . maka akan muncul tampilan grafik seperti di bawah ini :

5. maka akan muncul 3 menu tambahan ( tab design , untuk mengatur tampilan grafik . tab layout , untuk mengatur tampilan teks . dan tab format )

6. jika ingin mengedit grafik untuk menambahkan keterangan pada grafik yang akan dibuat . pilih dan klik tab layout – labels . maka akan muncul beberapa icon fungsi .
a. Chart Title berfungsi untuk memberikan judul pada grafik . misalkan memilih above chart .

maka tampilan grafik akan seperti ini setelah mengklik above chart :

ganti bacaan chart title dengan judul dari grafik yang kita Buat . misalkan “DATA PENJUALAN ALAT TULIS” kemudian klik enter .
b. Axis Title , untuk memberi nama pada sumbu x (Primary Horizontal Axis Title ) dan y (Primary Vertical Axis Title ) .

maka setelah mengklik primary horizontal dan vertical dan memilih salah satunya ( jangan memilih none jika ingin memberi judul pada sumbu x dan y), maka muncul tampilan seperti ini .

sama seperti memberi judul , klik axis title – ketik judul yang akan di berikan pada sumbu x dan y . misalkan sumbu x “JENIS ALAT TULIS” , pada sumbu y “JUMLAH TERJUAL” .
C. Legend , untuk memberi keterangan pada grafik . pilih dan klik legend , misalkan memilih “show legend at bottom” :

maka tampilan grafik akan seperti ini :

7. jika bentuk tampilan sudah seperti yang diiginkan grafik sudah dapat dicetak , sebelumnya pindahkan pada paint atau pada microsoft excel untuk mempermudah proses mencetak .

info : menu lainnya dapat dicoba , langkah penyempurnaan grafik hanya sebagian yang diterangkan , selanjutnya anda dapat mencobanya sendiri .
# terimakasih , karena sudah mau membaca blog saya .

guru TIK di kelas dan beberapa sumber lainnya di buku TIK .
 
sumber blog dari : http://sripurwati10.wordpress.com/2012/06/09/cara-membuat-grafik-dalam-microsoft-excel-2007/

1 comments: