Blogger Widgets
Wednesday, March 27, 2013

10:27 PM
1
Microsoft Power Point 2007 mungkin menjadi istilah yang tidak asing bagi pelajar atau pengusaha.Hampir setiap tugas atau metting mewajibkan seorang pelajar dan pengusaha mampu mengoperasikan Microsoft Power Point, termasuk saya sendiri.Presentasi yang terbilang sukses salah satunya dapat dilihat dari gaya tampilan slide yang menarik dan tidak membosankan namun juga tidak keluar dari konteks presentasi itu sendiri. Memang telah ada design template default saat kita membuka Microsoft Power Point. Kita dapat memilih design yang telah ada, namun alangkah lebih baik dan menyenangkan jika kita menggunakan design template atau slide master buatan kita sendiri. Kita dapat mendesign slide master, menyisipkan gambar dan mengkombinasikan warna-warna yang kita inginkan. Dan tentu saja kita akan merasa lebih puas karena semuanya adalah hasil dari kerja keras kita sendiri.
Setiap pertama kali membuat file barupowerpoint 2007, pasti dihadapkan pada satu lembar slide. jika ingin menambah slide, tinggal tekan enter dan bila ingin layout yang sesuai dengan yang diinginkan, maka klik pada new slide, maka beberapa pilihan dan bentuk layout akantampil. Dalam pilihan dan bentuk layout tersebut belum ada yang berisi tiga kolom.Hanya tersedia dua kolom yaitu dengan namaTwo Content, seperti yang terlihat pada gambar.

Dengan master slide di powerpoint 2007 ini kita akan membuat layout yang tiga kolom supaya pada new slide juga tampil pilihan tiga kolom.
Langkah awal yaitu aktifkan menu View dan pilih Master slide pada ribbon PresentationViews 


sesudah masuk di Slide Master, cari layout yang bernama Two Content Layout (biasanya : slide kecil/thumbnail slide yang letaknya di sebalahkiri). Klik kanan dan Copy, klik kanan lagi dan Paste, maka layout Two Content Layout sudah ter-copy dan sekarang menjadi dua.Seleksi/pilih layout hasil copy-an, rubah Content tersebut menjadi tiga kolom (untuk merubahnya pada slide yang besar letaknya di sebelah kanan).

Setelah diubah klik kanan pada thumbnail slide layout (slide kecil di sebelahkiri) yang telah menjadi tiga kolom, pilih rename layout untuk mengganti nama dari layout tersebut. Setelah itu klik close.
Sekarang lihatlah pada New Slide, tampilan tiga kolom telah ada dalam pilihan New Slide




Slide master ini selain untuk mengubah ataupun menambah layout, dapat juga digunakan untuk penambahan gambar atau logo pada masing-masing slide. Cukup dengan sekali insert maka logo tersebut sudah masuk di semua slide dengan ukuran logo dan posisi yang sama. 
Caranya : 
Aktifkan slide master, pilih layout paling atas (Office Theme Slide Master), klik insert picture,

Aturlah ukuran dan letak dari logo tersebut sesuai yang Anda kehendaki.Coba dilihat, gambar atau logo sudah masuk di semua slide.



 Catanan :Pastikan slide paling atas sudah terseleksi. Jika yang terseleksi bukan pada layout yang paling atas, maka logo tersebut hanya masuk pada layout yang sedang terseleksi atau sedang aktif.
 
 
 iyap itu lah sedikit ilmu yang bisa saya bagi #walaupun.cuma.copas hehehe
SEMOGA BERMANFAAT *_^
 
sumber : http://teknikkom15.blogspot.com/2012/04/langkah-langkah-membuat-slide-master.html

1 comments: